Emotitude

Buku Emotitude (Foto: Dokumen Pribadi)

Buku Emotitude (Foto: Dokumen Pribadi)

Sabtu, 02 Februari 2013 –pukul 09:56-

Sepanjang 1 bulan Januari 2013 aku sedang membaca buku Emotitude. Waktu Desember 2012 memang aku mau berniat untuk memulai tahun 2013 dengan bagian yang perlu aku latih yaitu sisi emosi. Aku seorang perempuan dan aku cukup rentan dengan sisi emosi. Bisa dikatakan aku ini typical yang sensitif, self awareness nya kadang ketinggian hehe jadi aku perlu belajar membentuk kecerdasan emosi yang baik dari waktu ke waktu supaya semakin dewasa dan matang. Dan sudah terbukti lho. Aku ngerasain sendiri di bulan Januari 2013 aku mengalami 2 kejadian yang cukup penting, yang berkaitan dengan sisi emosi ku & so far it’s great, aku bisa menyampaikan dengan sikap emosi yang baik padahal yang aku sampaikan bukan hal yang mudah. Kejadian 1st mengenai pemberesan emosi dan perasaan, kemudian kejadian 2nd belajar menegur dengan kasih. Tegas tapi lembut. Gimana caranya menegur dan mengingatkan tanpa menyakiti orang yang kita kasihi? Beurat tapi berhasil hehe. Hubunganku dengan kedua pribadi tersebut aman sentosa dan masih penuh kasih hahaha..lebay =P

Oke, sekarang kita masuk ke bagian isi buku ini. Kita mulai dari judulnya. Kalau dari judulnya sudah bisa nebak kan ini buku karangan sapa? Hehe. Sapa lagi kalau bukan K’Josua Iwan Wahyudi. Aku mulai membacanya di 1 Januari 2013 & berakhir di 01 Februari 2013. Bolong 1 hari makanya jadi molor 1 hari dah =P Mungkin pada bingung napa juga aku baca sampai 30 hari penuh karena buku ini seperti buku untuk saat teduh. Buku Emotitude dibuat untuk menuntun emosi diri kita secara pribadi & tentunya pasti ada perenungan Firman Tuhan di dalamnya selama 30 hari ke depan.

Kenapa disebut sebagi Emotitude? Hm klo bagian ini coba tanya K’Jos langsung saja ya, secara ane lom pernah nanya hehe. Kalau menurut aku buku ini diberi judul Emotitude karena kita perlu tahu bagaimana memiliki sikap emosi yang baik, lebih tepatnya bagaimana cara kita menumbuhkan kecerdasan emosi yang matang dari waktu ke waktu. Seperti kita ketahui, setiap hari kita pasti berhadapan dengan hal-hal yang berkaitan dengan emosi. Kalau bahasanya K’Jos (klo tidak salah, ada di buku Emotion For Success), EQ itu penghubung atau penyampai sisi IQ & SQ. Jadi meski SQ kita bagus banget (cinta Tuhan, aktif di dunia rohani, pokoknya holy banget dah) atau IQ (IPK 4 terus, nilai akademisnya melesat di posisi puncak, karir di posisi jabatan tertinggi) kita sangat oke tapi kalau tidak memiliki kecerdasan EQ bisa berantakan.

Banyak nilai Kerajaan Allah yang disampaikan di sini. Kita jadi mengenal pribadi-pribadi seperti apa di Firman Tuhan yang memiliki kecerdasan emosi yang baik dan emosi yang tidak baik. Kenapa pribadi tersebut menampilkan emosi yang tidak baik dan emosi yang baik? Kita juga jadi tahu bahwa di Firman Tuhan juga dibahas mengenai emosi meski dengan bahasa yang berbeda. Contohnya di Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”. Kita jadi mengeksplorasi ayat setiap harinya. Ada banyak contoh di dalamnya, baik itu dari Firman Tuhan maupun dari kehidupan kita sehari-hari. Buku ini sangat aplikatif (seperti biasanya🙂 )

Buku ini dibagi beberapa part selama 30 hari yaitu:

  1. Basic Step: Day 1
  2. Emotional Awareness: Day 2-8
  3. Emotional Acceptance: Day 9-15
  4. Emotional Affection: Day 16-22
  5. Emotional Affirmation: Day 23-29
  6. Reflection: Day 30

Demikian review buku dan testimonial aku akan buku ini hehe (udah kayak bikin surat formal aje =P) Maybe kalau ada kesempatan, aku akan share beberapa hal yang aku dapat dari renungan mengenai buku ini ^_^ So sangat disarankan buku ini untuk digunakan buat mereka yang ingin menumbuhkan sikap emosi yang lebih baik seturut dengan apa yang Tuhan mau🙂

 

 

Tags: , , , ,

About The Courier of God

Saya ingin berbagi kerinduan akan apa yang saya dapat dari Bapa mengenai hatiNya, pikiranNya, rencanaNya..Saya hanya seorang kurir yang membawa pesanNya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Faith, Hope, and Joice

Just another WordPress.com site

Reniwan Agustina Purba

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

the mega's notes

Just another WordPress.com site

Within Takapipi

Just another WordPress.com site

Eternal Love

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: