Toy Story I vs Toy Story III

Beberapa waktu lalu K’Arman share FirTu dengan judul Toy Story I vs Toy Story III..jujur baru bagi aku, baru pertama kali aku dengar seorang hamba Tuhan share FirTu dengan judul sebuah film hehehe Mungkin kalian juga bingung kenapa judulnya Toy Story I vs Toy Story III ^_^ Bagi yang pernah nonton film ini pasti tahu ceritanya dan perbedaannya ^_^ secara singkat aku akan menceritakan mengenai film ini.

Film ini (Toy Story I) menceritakan seorang anak laki-laki yang bernama Andy yang memiliki banyak mainan & Andy sangat menyayangi semua mainan tersebut terutama Woody, mainan tersebut menjadi teman mainnya Andy. Selayaknya seorang manusia normal, Andy bertumbuh dan semakin beranjak dewasa. Toy Story III menceritakan Andy yang sudah bukan seorang anak laki-laki kecil yang bermain dengan mainannya. Sekarang dirinya sudah sibuk dengan komputernya dan gadgetnya. Mainannya yang dulu suka dimainkan sudah tidak dimainkannya lagi. Sebentar lagi dirinya akan masuk perguruan tinggi. Suatu hari mamanya meminta Andy untuk memilih barang-barangnya termasuk di dalamnya semua mainannya karena Andy akan pindah ke universitas. Semua mainan tersebut mengerti kenapa Andy sudah tidak menyentuh mereka, mereka menyadari Andy sudah dewasa namun ada sebuah mainan yang bernama Woody yang merasa bahwa hal tersebut tidak benar. Tidak benar Andy sudah melupakan semua mainannya termasuk dirinya. Di film itu juga menceritakan bagaimana Woody mengejar Andy. Pada akhirnya Woody menyadari bahwa Andy yang sekarang bukanlah Andy yang dulu, bukan lagi Andy yang seorang anak laki-laki yang suka bermain dengan dirinya seperti dulu. Uniknya di bagian ending, dimana Andy menyerahkan semua mainannya ke seorang anak kecil namun ketika Andy mengambil Woody untuk ikut diserahkan, di situ terlihat bagaimana Andy sangat berat menyerahkan Woody ke anak tersebut. Dari seluruh mainan, Woody adalah mainan kesayangan Andy, beberapa saat Andy terus memegang erat Woody, tidak rela untuk menyerahkan namun Andy tahu bahwa dirinya sudah harus bisa melepaskan Woody.

Mungkin kalian bertanya, “Maksudnya apa ya? Kan memang seharusnya seperti itu kan? Wajar kan klo sesuatu yang kita sayangkan sangat berat bagi kita untuk kita berikan? Namanya juga benda kesayangan” Film ini menggambarkan sebuah fase, sebuah era, sebuah masa..kalian pasti ingat FirTu mengatakan bahwa segala sesuatu ada waktuNya..begitulah juga diri kita..Woody tahu bahwa Andy sudah dewasa tapi Woody tidak memahami pertumbuhan Andy..Pada saat kita bertumbuh ada sesuatu yang perlu kita tinggalkan..Banyak orang yang tidak berani menjadi dewasa dan tidak berani makan & minum air yang keras karena mereka tidak tahu endingnya..

I Yoh 2:14 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.

 

Di ayat ini menerangkan 3 tahapan kehidupan kekristenan yaitu masa anak-anak, masa orang-orang muda & masa bapa-bapa (dewasa)..ciri-ciri seorang anak-anak apa sih teman-teman? Paling jelas dari ciri-ciri seorang anak yaitu mengenal Bapa & memiliki close relationship..itu masa yang pastinya kita pernah lalui semua ya..kita ga akan bahas mengenai masa bapa-bapa karena kita belum jadi bapa-bapa saat ini hehehe..dan juga ga bahas masa anak-anak karena kita bukan anak-anak lagi..kita akan bahas di tahapan masa kita sekarang yaitu orang-orang muda..

 

Jika kita perhatikan di I Yoh 2:14, ada 3 ciri khas dari orang-orang muda..3 ciri khas tersendiri dari 3 masa tersebut..masa yang lain hanya disebutkan 1 ciri khas saja tapi di masa orang-orang muda ternyata ada 3, so interesting for to know ya? ^_^ ok, kita mulai ya..

 

  1. Kamu Kuat

 

Bahasa aslinya kuat adalah Isohyros yang artinya kuat di body & mind. Kalau kita perhatikan sekarang banyak orang-orang muda yang hidupnya tidak sehat dan sepertinya berlaku juga untuk diri ku hehehe semakin ke sini, kita semakin menemukan banyak orang yang memiliki sakit yang cukup berat di usia muda dan tidak sedikit pula yang meninggal di usia muda. Tuhan tidak mau hal itu juga terjadi di orang-orang mudaNya. Sikap hidup sehat itu sudah standard mutlaknya Tuhan.

 

Kita perhatikan di ayat selanjutnya dikatakan, I Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

 

Sadar ga guys klo ke 3 hal di atas itu melekat banget ama kita? Pasti kita ga asing lagi dengar orang bilang, “numpung masih muda, numpung masih sehat, nikmatin hidup selagi bisa”..wah guys, itu udah jelas-jelas kagak alkitabiah dah dan itu menjelaskan 3 hal tersebut..

 

Keinginan daging itu artinya apa saja yang enak dimakan makanya kita suka bilang kedagingan bahkan di alkitab juga mencantumkan kata tersebut..(klo ga suka makan daging, mungkin dibilang kesayuran kali ya..hahaha maksa bgt ya tapi K’Arman sendiri yang blg gtu hehehe namun stdknya Daniel ga mslh ya ama kesayuran, kan dia mkn sayur pas di Babel hehehe)..

 

Keinginan mata artinya semua yang enak dilihat..nah jelas bgt kan klo banyak orang-orang muda yang lapar mata..bahkan sampai ada istilah window shopping kan hehehe…apa yang kita suka kita beli..apa yang kita lihat keren langsung dah diincar..cewek kece dikit dikejar..cowok ganteng lewat depan mata mupeng..bahkan ga sedikit orang-orang muda yang mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk memenuhi keinginan mata mereka bahkan juga rela mengorbankan sesuatu yang berharga termasuk dirinya sendiri..sungguh menyedihkan bukan teman-teman?

 

Keangkuhan hidup artinya hal-hal yang “enak” dirasakan..yang nurut kita nyaman dan enak ternyata termasuk keangkuhan hidup..jujur pas dengar hal ini ku kaget juga & jadi mikir kategorinya apa aja ya..masalahnya kan klo yang dirasakan itu ada di dalam diri kita & setiap orang punya perbedaan-perbedaan dengan apa yang dirasakan..klo ku secara pribadi menangkap jika kita tidak bisa berubah atau tidak mau berubah seperti yang Dia mau maka itu udah termasuk kategori angkuh karena kita merasa nyaman dan enak banget dengan apa yang kita rasakan..ga mau melepaskannya..apalagi jika sudah sampai tergantung atau pun terikat dengan hal tersebut..bahaya juga ya ternyata..

 

K’Arman beri contoh hidupnya..dia punya televisi di rumah yang merk mitsubishi yang salurannya cuman 20, yang kagak pake remote & klo mau ganti channel & volume kudu jalan ke televisi tersebut (televisi model ini masih ku alamin wkt ku sekolah dulu hehehe)..zmn udah pada pake televisi plasma tapi di rumah dia masih pake televisi model gitu.. yang lebih parah lagi ketika mau pasang kabelvision, teknisinya datang dan pas lihat model televisi kagak jadi masang karena modelnya terlalu lama, kagak ada slotnya & disuruh teknisi tersebut untuk beli televisi baru hahahahaha..bahkan sampai beberapa bulan kemudian teknisinya telepon dan berbicara spt ini dengan K’Arman, “Dengan Pak Arman? Bapak masih ingat saya? Saya teknisi yang mau memasang kabelvision waktu itu..saya hanya mau tanya pak, apakah bapak sudah membeli televisi yang baru?”..dan ketika K’Arman bilang belum beli, teleponnya ditutup…hahahhaha..pernah suatu kali ada diskon besar selama 3 hari di salah satu supermarket dan budgetnya K’Arman pun cukup namun sang istri tidak mengizinkan dengan alasan televisi di rumah masih bsia digunakan..hehehe..

 

Contoh ke 2nd, K’Arman naksir perlengkapan dapur yang sangat canggih, besar & luar biasa bagus yang harganya 23 juta..Dia berniat untuk membelinya dan ketika dia memberitahu istrinya, istrinya bertanya, “Yang lama masih bisa digunakan..lagipula jika diganti yang baru, yang lama mau diapakan? Tidak muat jika kita beli yang baru”..K’Arman menjawab, “yang lama dibuang” hahahahaha..istrinya tersenyum dan mengatakan, “utk apa kita beli, kita hanya tinggal bertiga sedangkan barang-barang ini cukup besar untuk kapasitas orang dalam jumlah yang banyak..tidak sesuai untuk kita” akhirnya K’Arman tidak jadi membeli..hehehe..

 

Sampai detik ini ku paling ingat reminder istrinya K’Arman kalau K’Arman macam-macam, dia mengatakan, “keinginan atau kebutuhan?” hahahaha..istri yang sangat luar biasa dan suami yang sangat dengar-dengaran hehehe🙂 (2x ku lihat K’Arman bawa FirTu, dia selalu share hal-hal seperti ini dengan kejadian-kejadian yang berbeda).

 

Tuhan yang kenal kita dan sembah memang sangat luar biasa baik, Dia udah kasih bantuannya buat kita dalam mengatasinya yaitu di II Timotius 2:1 2:1 Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. Kita hanya bisa kuat oleh kasih karunia guys, just only His grace dan hanya di dalam Kristus Yesus. Babe turun tangan langsung sendiri melalui kasih karuniaNya.

 

Namun jangan keasikan dengan bantuanNya..kita sekarang statusnya orang-orang muda jadi kita juga dikasih tanggung jawab dan latihan untuk menjadi kuat..kan kita bukan anak-anak gampang..kita bisa mengatasinya dengan cara yang juga ada di alkitab, yaitu Lukas 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.

 

Guys bukan satu lho, tapi kita luput dari semua yang akan terjadi..itu artinya kita luput dari semua yang belum terjadi dan semua yang akan terjadi di masa yang akan datang, yang tidak kita ketahui..yang bisa membahayakan kita karena Tuhan mau kita tahan berdiri di hadapanNya..dimulai dari menjaga hati kita dari kekecewaan, luka hati, jaga kekudusan termasuk kekudusan dalam hal pra nikah dengan cara menghormati pasangan, menjaga pikiran dan tubuh kita..

 

Edwin Cole mengatakan, “Keberanian menghasilkan kekuatan, ketakutan membunuhnya” so guys jangan biarkan ketakutan membunuh kita..kita harus belajar berani karena ternyata hanya keberanian sebagai anak Tuhan yang menghasilkan kekuatan di dalam diri kita sebagai orang muda..

 

  1. Firman Allah diam di dalam kamu (Jesus Inside)

 

Galatia 2: 20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

 

Father God: Head & Christ: Body -> Jesus: Head & Christian -> Body

Penggambaran di atas menggambarkan Allah Bapa yang sebagi Kepala dan mengambil rupa sebagai anak manusia (daging / body) yaitu Yesus Kristus..Yesus Kristus sebagai kepala atas kita umatNya yang juga adalah tubuhNya (tubuh Kristus)..

 

Cara mempraktekannya FirTu diam di dalam kita adalah dengan Kolose 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

 

Perhatikan deh prosesnya, dimulai awalnya dari perkataan Kristus ‘diam’ itu di ‘antara’ kita & bukan langsung di dalam kita lho..itu artinya perkataan Kristus harus ada di dalam komunitas supaya bisa diam di dalam komunitas sehingga terjadi 4 hal yaitu sikap mengajar, menegur, menyanyikan / memuji dan juga saling melayani di dalam komunitas, membuat kita pribadi dan secara otomatis hati kita mengucap syukur kepada Tuhan..nah masalahnya yang sering terjadi dari 4 hal di atas adalah kita sebagai orang-orang muda jarang menegur padahal menegur sesama kita juga penting makanya kenapa kita membutuhkan komunitas supaya ada orang lain yang melakukan hal tadi kepada kita..mereka yang menjaga kita dengan perkataan Kristus..makanya jika ditegur jangan kabur ya hehehe belajarlah untuk setia ^_^ (ini juga berlaku untuk aku ^_^).

 

  1. Kamu telah mengalahkan yang jahat

 

Jahat di sini juga diartikan sebagai lust yang artinya hawa nafsu. Akarnya ada di iri hati dan mementingkan diri sendiri so kita harus belajar menguasai ego kita.

 

Yoh 3: 16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

 

Kalau begitu bagaimana kita bisa menguasai ego kita? Ada caranya yaitu dengan cara belajar menjadi hamba. Memang kenapa harus seperti hamba? Perhatikan ciri utama dari seorang hamba.

 

I Petrus 5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

 

Kita bisa mengalahkan si jahat termasuk iblis, bahkan di ayat tersebut dikatakan kita telah mengalahkan, yang artinya dulu kita pernah kalah (belum kenal Kristus) tapi sekarang kita sudah menang karena Aku..jadi status kita itu sudah menang maka bertindaklah sebagai pemenang bahkan lebih dari pemenang..

 

Kita hanya bisa melakukannya jika kita merendahkan diri kita (rendah hati) dan belajar melayani orang lain. Praktekan rendah hati dengan kekuatan repetisi (berbicara mengulang). Kita sebagai orang-orang muda cenderung malas sekali mengulang, merasa sudah bisa dan tidak butuh lagi untuk mengulang. Ternyata ini kelemahan orang-orang muda. Ketika K’Arman mengatakan kekuatan repetisi ini ku jadi mengerti bahwa ketika kita masuk ke dalam kapasitas yang baru kita akan kembali memulai dari bawah..mulai dari nilai nol lagi..hal-hal yang sudah pernah kita lalui dulu bukan bearti kita sudah tidak butuh lagi di masa yang ini..kapasitasnya berbeda, kita harus mulai start dari nol supaya nilai nol itu berubah menjadi angka 1, 2, 3, dan seterusnya..dan ku diingatkan dengan sebuah kalimat, “jika u naik 1 level maka rendahkan hati dan diri u 1 tingkat”..wow, ketika mendapat pengertian ini aku jadi mengerti apa artinya sebuah kekuatan repetisi…

 

K’Arman memberi kesaksian kehidupan pribadinya..K’Arman kurang lebih sudah 15 tahun di abbalove..suatu hari K’Arman pindah ke salatiga selama 5 tahun dan bergabung di jaringan abbalove di sana dan menjadi wakil departemen misi yang tugasnya mengutus orang..suatu hari dia kembali ke Jakarta dan di hari 1st dia bergabung di abbalove jelambar, leadernya tanya, “u jemaat baru?” dan K’Arman menjawab iya kemudian K’Arman disuruh isi form seperti apakah sudah dibaptis, apakah bisa berbahasa roh (kata K’Arman, untung kagak di tes berbahasa roh juga hahahaha) kemudian disuruh ikut kelas SPK (Saya Pengikut Kristus)..K’Arman sempet ga terima dalam hatinya..”hah? aku di salatiga jadi wakil departmen misi dan program SPK juga ku yang buat masa ku ikut kelasnya” namun dia tetap melakukanya..kemudian ketika K’Arman pindah ke abbalove maizonet, sekali lagi dirinya diperlakukan sama jadi kata K’Arman, dia udah ikut kelas SPK 4x hahhahaha..padahal dia juga yang bikin itu SPK..ckckck..hehehe..awalnya K’Arman memang tidak mengerti namun akhirnya dia mengerti hal ini..bahwa Tuhan sedang mengajarkan dia mengenai kerendahan hati..

 

K’Arman juga pernah mengajukan training untuk beberapa perusahaan yang isinya mengenai suatu program yang menjadi pondasi tapi banyak perusahaan yang menolaknya karena mereka merasa tidak perlu untuk diberikan program yang sama lagi namun ada satu perusahaan besar yang sudah berdiri 24 tahun menerimanya..ketika ditanya alasannya oleh K’Arman, perwakilan perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal itu penting untuk diberikan lagi meski mereka sudah pernah..ternyata setelah ditelusuri pimpinanNya adalah anak Tuhan yang mengerti benar akan kekuatan repetisi..

 

Kita perlu belajar praktek dalam kehidupan sehari-hari kita menjadi hamba Kristus dengan kasih persaudaraan, setia untuk belajar ulang, dengan memiliki mental learning..tau ga sih guys ciri khas punya hati hamba adalah belajar hal-hal baru itu menyenangkan..repetisi itu juga memiliki arti kembali ke pondasinya..salah satunya belajar buah roh dengan humble heart..willing to start over again..

 

Ku tutup dengan satu kisah nyata seorang anak dari founder sebuah bela diri jepang, sori guys ku ga inget namanya, sebelum dia meninggal, pria ini mengatakan, pakaikan aku ban putih ketika ku meninggal..semua muridnya kaget dan menanyakan kenapa karena mereka merasa guru ini tidak layak diberikan sebuah ban putih yang melambangkan pembelajaran dari awal yang belum mengerti..pria ini mengatakan, “agar dari kehidupan yang lain belajar dari awal lagi”…karena kalimat pria ini dikenal dengan The White Belt Attitude..dan di Jepang ada patung untuk mengingat tokoh pria ini..

 

Speaker: K’Arman on 18 Sept 2011 @ U2S Abbalove

Tags:

About The Courier of God

Saya ingin berbagi kerinduan akan apa yang saya dapat dari Bapa mengenai hatiNya, pikiranNya, rencanaNya..Saya hanya seorang kurir yang membawa pesanNya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Faith, Hope, and Joice

Just another WordPress.com site

Reniwan Agustina Purba

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

the mega's notes

Just another WordPress.com site

Within Takapipi

Just another WordPress.com site

Eternal Love

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: